APERSEPSI ANIMALIA

Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran

Pada menu ini Peserta didik harus mengetahui kompetensi dasar dan tujuan  yang harus di capai setelah mempelajari kingdom Animalia ini. 

KD 3.8

Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.

Tujuan:

  1. Siswa dapat menentukan kingdom animalia berdasarkan ciri ciri umum
  2. Siswa dapat menjelaskan ciri ciri umum filum porifera, coelenterata, platyhelminthes, nemathelminthes, annelida, mollusca, arthropoda, dan echinodhermata
  3. Siswa dapat mengelompokkan filum porifera, coelenterata, platyhelminthes, nemathelminthes, annelida, mollusca, arthropoda, dan echinodhermata berdasarkan perbedaan dan peprsamaan ciri yang dimiliki
  4. Siswa dapat menjelaskan manfaat dan peranan filum porifera, coelenterata, platyhelminthes, nemathelminthes, annelida, mollusca, arthropoda, dan echinodhermata dalam kehidupan
  5. Siswa dapat menjelaskan ciri ciri umum super kelas pisces, reptil, amfibi, aves, dan mamalia
  6. Siswa dapat mengelompokkan  kelas pisces, reptil, amfibi, aves, dan mamalia berdasarkan perbedaan dan peprsamaan ciri yang dimiliki
  7. Siswa dapat menjelaskan manfaat dan peranan  kelas pisces, reptil, amfibi, aves, dan mamalia dalam kehidupan

KD 4.8

Menyajikan data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis. 

TUJUAN

  1. Siswa dapat membandingkan struktur struktur morfologi dan anatomi tubuh porifera, coelenterata, platyhelminthes, nemathelminthes, annelida, mollusca, arthropoda, dan echinodhermatamelalui pengamatan langsung
  2. Siswa dapat membuat laporan tertulis tentang hasil pengamatan truktur morfologi dan anatomi tubuh porifera, coelenterata, platyhelminthes, nemathelminthes, annelida, mollusca, arthropoda, dan echinodhermata melalui pengamatan langsung
  3. Siswa dapat mempresentasikan hasil pengamatan struktur organ tubuh orifera, coelenterata, platyhelminthes, nemathelminthes, annelida, mollusca, arthropoda, dan echinodhermata.
  4. Siswa dapat membandingkan struktur morfologi dan anatomi  tubuh super kelas pisces, reptil, amfibi, aves, dan mamalia melalui pengamatan langsung
  5. Siswa dapat membuat laporan tertulis tentang hasil pengamatan struktur morfologi dan anatomi  tubuh super kelas pisces, reptil, amfibi, aves, dan mamalia melalui pengamatan langsung
  6. Siswa dapat mempresentasikan hasil pengamatan struktur morfologi dan anatomi  tubuh super kelas pisces, reptil, amfibi, aves, dan mamalia melalui pengamatan langsung
VIDEO PENGEMBANGAN KARAKTER (AKHLAK TERHADAP HEWAN)

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=0nrx38gR7vE